Sehat Dengan Mengkonsumsi Apel

0
123
sumber foto: goodlife.id

Buah yang manis rasanya serta bisa diolah menjadi berbagai olahan mulai dari makanan, minuman, dan obat-obatan.

Apel termasuk salah satu jenis buah-buahan yang mudah diperoleh dengan harga terjangkau. Di samping manis rasanya, Apel bisa diolah menjadi makanan seperti selai, keripik, dan lainnya. Termasuk juga minuman seperti sirup, jus, dan lainnya.

Tidak hanya nikmat untuk dikonsumsi, apel juga bisa berguna sebagi obat-obatan. Bagi para dokter klasik seperti Ibnu Sina serta ar-Razi, apel merupakan salah satu buah-buahan yang bisa digunakan sebagai obat-obatan untuk beberapa penyakit, antara lain sebagai berikut.

Mengatasi Pembekakan

Ibnu Sina menjelaskan, bahwa apel yang paling baik adalah apel dari Syam. Daun apel dan jusnya bisa bermanfaat untuk mengatasi pembengkakan. Demikian juga keduanya baik dikonsumsi semasa penyembuhan dan pemulihan luka. (Al-Qanun, 1/291).

Menguatkan Jantung dan Lambung

Mengkonsumsi apel bisa menguatkan jantung, baik bagi apel yang rasanya manis maupun yang asam. Dengan mengkonsumsi apel juga bermanfaat untuk kekuatan lambung. Apel juga bisa bermanfaat untuk mengatasi keracunan, baik itu perasan maupun daunnya. (Al-Qanun, 1/291).

Meski demikian, Ibnu Sina memperingatkan bahwa terus-menerus mengkonsumsi apel dapat menyebabkan nyeri pada syaraf, khususnya di musim semi. (Al-Qanun, 1/291).

Demikian pula ar-Razi, juga memperingatkan tentang hal serupa dengan apa yang sudah diperingatkan oleh Ibnu Sina. (Al-Hawi fi ath-Thibb, 5/2978).

Mengatasi Keracunan

Dalam kedokteran klasik, apel termasuk buah-buahan yang memiliki khasiat untuk jantung, di mana dengan mengkonsumsi buah tersebut bisa memperkuat jantung. Mengkonsumsi apel juga mampu meredakan muntah. Dan yang matang lebih baik daripada yang belum matang, untuk mengatasi gas yang tak baik di dalam saluran pencernaan. Daun apel jika sarinya diminum, dapat bermanfaat untuk mengatasi keracunan maupun dari bisa hewan-hewan berbisa. (Al-Mu’tamad fi al-Adwiyah al-Mufardah, hal. 39).

Meningkatkan Hasrat Seksual

Apel yang dioven bersama dengan kue bermanfaat utnuk meningkatkan hasrat seksual, juga mengatasi cacing dalam perut, serta baik untuk penderita disentri. Apel juga memperkuat organ-organ pencernaan. (Al-Mu’tamad fi al-Adwiyah al-Mufardah, hal. 39).

Mempercepat Pecahnya Bisul

Apel, semakin asam semakin baik untuk dikonsumsi penderita bisul. Bisul segera “matang” ketika penderitanya mengonsumsi apel. (Al-Mu’tamad fi al-Adwiyah al-Mufardah, hal. 39).

Ramuan Apel untuk Mengatasi Batuk Rejan

Batuk rejan adalah infeksi saluran pernapasan yang diderita oleh anak-anak serta bisa menular. Untuk mengatasi penyakit ini, cukup dengan empat buah apel yang diparut dan dicampur bersama segenggam kismis dan anggur lalu direbus. Lantas dicampur dan ditambahkan pada rebusan itu sebanyak 150gram gula. Larutan itu bisa diminumkan kepada pasien.

Fosfor pada apel pun dapat merangsang konsentrasi pada otak. Dengan demikian, mengkonsumsi apel dapat membantu aktivitas berpikir dan mendukung agar tidur menjadi nyenyak. (Lihat, Mu’jam an-Nabatat ath-Thibbiyah, hal. 97-99).

Sementara itu, menurut kedokteran modern, apel juga memiliki banyak khasiat. Dalam Mu’jam an-Nabatat ath-Thibbiyah (Ensiklopedi Tanaman Obat) dijelaskan bahwas apel juga bisa meringankan asam urat. Ia juga mampu menetralisir racun serta merangsang produksi kelenjar saliva yang berfungsi untuk memperoduksi ludah yang berguna membantu prosese pencernaan sebelum makanan masuk ke lambung. Apel juga berguna untuk menghancurkan batu empedu dan batu ginjal.

Dengan mengkonsumsi apel pada pagi hari bisa membersihkan darah. Sedangkan jika mengkonsumsinya pada malam hari akan mencegah sembelit. Bagi penderita diabetes, ia boleh mengkonsumsi apel karena ia mengandung gula alami fruktosa. Parutan apel juga baik untuk penyembuhan luka yang berair.

Untuk mengatasi radang paru-paru, pasien bisa mengkonsumsi buah apel dengan dipotong-potong tanpa dikupas, dan sebelumnya sudah direbus. Hal ini juga bisa dilakukan untuk membersihkan ginjal dari endapan-endapan.

Sedangkan untuk mengatasi sembelit, cukup dengan mengkonsumsi buah apel saja selama tiga hari berturut-turut. Untuk mengatasi sembelit pada anak-anak, yakni dengan memberinya konsumsi jus apel saja, tanpa mengkonsumsi lainnya.

*Thoriq/Suara Hidayatullah

Tulisan ini terbit di Majalah Suara Hidayatullah edisi Desember 2022