Beranda Jendela Keluarga Celah Wapada! Bahaya Kecanduan Gadget, Jika Tidak Ingin 3 Hal Ini Terjadi Pada...

Wapada! Bahaya Kecanduan Gadget, Jika Tidak Ingin 3 Hal Ini Terjadi Pada Anak Anda.

722

Bahaya Kecanduan Gadget–Seorang ibu yang sudah hampir pensiun dari pekerjaannya sebagai guru SD, merasa kebingungan dengan kondisi keluarganya. Setiap mereka berkumpul, baik suami maupun anak-anaknya semua asyik dengan perang-kat gadgetnya masing-masing. Hingga suatu hari ibu ini tak tahan dan akhirnya berteriak, “Dijual saja rumah ini! Semua orang di rumah ini sudah hidup masing-masing, tak ada komunikasi. Apa artinya hidup dalam satu rumah,” kata sang ibu.kecanduan gadget

Apa yang terjadi di rumah ibu tersebut ternyata sedang mewabah di mana-mana, yaitu kecenderungan pada gadget dan perangkat berlayar yang berlebihan. Sebuah penelitian menunjukkan rata-rata orang dewasa melihat layar total sekitar 18 jam, baik layar televisi, laptop, gadget, dan lainnya.

3 Bahaya Kecanduan Gadget

Banyak orang tidak sadar bahaya dari penggunaan gadget yang berlebihan. Menggunakan berbagai perangkat baik smartphone, tablet, PC, notebook, yang berhubungan dengan dunia maya bisa membuat kecanduan, atau disebut cyber addiction. Sama seperti mengonsumsi narkoba, selalu mengalami peningkatan kebutuhan dari yang ringan hingga berat, dari yang sebentar menjadi lama.

Ada tiga efek dari kecanduan gadget terutama pada anak yaitu terhadap fisik, emosional, dan moral. Secara fisik memainkan gadget dapat menurunkan aktivitas gerak sehingga mengakibatkan obesitas. Bisa juga terjadi ketidakseimbangan hormonal dan metabolisme yang bisa menggiring terjadinya serangan jantung prematur. Selain itu, cahaya dan radiasi bisa menyebabkan problem visual seperti kelelahan mata, sakit kepala, bahkan peng-lihatan kabur, dan perubahan bentuk tubuh seperti punggung bungkuk.

Secara emosional anak menjadi tertu-tup, kurang bergaul, sulit bersosialisasi dan interaksi sosial, sehingga mengakibatkan tidak percaya diri. Anak bisa mengalami kecemasan, depresi, dan cepat marah. Bisa juga terjadi bullying, dan kekerasan verbal lainnya. Pe-nyimpangan moral bisa terjadi saat anak mengonsumsi hal-hal pornografi, kekerasan, dan kriminal.

Selain hal di atas, efek penggunaan gadget sejak dini akan membuat anak cepat puas, tidak tahan dengan kesulitan, penurunan konsentrasi, kemampuan menganalisa permasalahan rendah, malas menulis dan membaca.

Banyak yang ingin berhenti dari kecanduan gadget, tapi merasa kesulitan. Di berbagai negara, kecanduan pada dunia maya sudah menjadi clinical disease atau penyakit psikologis klinis, sama seperti narkoba. Di China ada sekitar 24 juta anak dan remaja yang menjadi pecandu. Banyak di antara mereka menggunakan popok dewasa karena tidak mau terganggu ke toilet. Bahkan ada seorang anak yang memotong tangan kirinya sendiri karena bingung mengatasi kecanduan yang dialaminya.

Baca Juga: Menjaga Pendengaran dan Penglihatan Anak

Pemerintah di berbagai negara maju banyak mendirikan pusat rehabilitasi. Di Inggris biaya untuk mengatasi anak yang kecanduan perangkat digital atau digital detox sebesar Rp 300 juta lebih, untuk program selama 28 hari di Capio Nightingale Hospital, London.

Karena dampak buruk dari kecandan gadget pada anak dan remaja, maka saatnya para orangtua sadar mengeIola dengan baik penggunaannya. Kadang tanpa sadar justru orangtualah yang menggunakan gadget secara berlebihan. ♦ OLEH IDA S. WIDAYANTI Penulis buku Serial Catatan Parenting Mendidik Karakter dengan Karakter.