Bagaimana Menyikapi Anak Yang Mulai Tertarik Dengan Lawan Jenis?

0
227

Pendidikan seksual menjadi segmen edukasi yang sangat penting saat ini. Di tengah merebaknya virus pergaulan bebas, anak harus dibekali ilmu tentang tahapan pertumbuhan dan perkembangannya.

Majalah Suara Hidayatullah edisi terbaru, April 2023, dalam rubrik Madani: Jendela Keluarga memuat tulisan Masrokan tentang anak yang mulai tertarik dengan lawan jenis.

Dijelaskan dalam tulisannya, anak di masa pubertasnya-usia 10-13 tahun-sudah bisa merasakan dorongan seksual, terlebih ketika berinteraksi dengan lawan jenis. Ini merupakan hal yang wajar dan dialami semua anak remaja.

Di fase pubertas ini, orang tua harus berperan aktif membimbing anak agak tidak terjerumus dalam kemaksiatan. Nabi Muhammad Saw. bersabda:

Perintahkanlah anak-anak kalian untuk mengerjakan shalat pada usia tujuh tahun dan pukullah mereka untuk shalat pada usia sepuluh, serta pisahkanlah tempat tidur mereka” (HR. Abu Dawud).

Hadis di atas membawa pesan bahwa di usia menjelang pubertas, orang tua sudah harus mulai mengatur ibadah dan pergaulan anak agar dirinya lebih terkendali.

Di dalam tulisan Masrokan, dipaparkan ada 3 hal yang perlu dilakukan oleh anak dan orang tua agar senantiasa dalam kesucian pergaulan. Baca selengkapnya uraian 3 hal tersebut di Majalah Suara Hidayatullah edisi 12, April 2023. Selamat membaca!

*Rizki Ulfahadi/Suara Hidayatullah